• Bukan catatan pra-sejarah!

    Universalitas Rindu


    Gambar dari Google Images
    Katakanlah, aku sedang merindu
    Maka pada apapun yang mengingatkanku pada kerinduan itu
    Batinku akan bergelut
    Ada haru, Ada biru, Pada Ria dan Ceria...

    Maka mungkin aku membutakan mata
    Menulikan telinga
    Kunci mulut, pasung lidah
    Mementahkan segala macam argumentasi dan teori para pakar hati
    Itu karena aku bertekuk lutut pada rindu

    Rindu itu antar waktu, menembus dimensi
    Rindu yang bernyawa, bernafas aku berdetak pula dia
    Rindu itu merdeka, tidak mengunciku pada labirin pahit
    Rindu itu bercemeti, melecut
    Dalam kelelahan raga, jiwa tetap menggerinda

    Maka Rindu ini tak tergantikan
    Tidak pada valas kuat bergaris dua atau gemerincing dinar para taipan
    Tidak tunduk pada kursi, pada meja, jubah atau mantel-mantel kuasa digdaya

    Rinduku ini hanya kalah, pada pelukan Muhammad dan Tuhan yang mengutusnya
    Atau rindu kaum yang percaya pada dia yang menebus dirinya di bukit Golgota
    Atau rindunya pada genta mahayana menuju Sidhartha
    Atau rindu mereka pada ruh-ruh leluhur dalam balutan animisme akar yang tumbuh menjadi pohon yang mengisahkan sejarah

    Kuketahui mereka....
    Pada batasan siang dan malam, tidak menghentikannya membisikkan "Aku merindukan Saiful"
    Juga kerinduan Marihuanie pada detak lembut dan gerakan berputar diperutnya, yang tak tergantikan oleh pada kerinduan akan Adithya juga Pinkdevilita
    Maka bertanya pula aku pada Anissa, "Kau merindukan apa ?, Kau merindukan siapa ? "
    Apakah sama seperti rindunya Aprina dan Hafriza pada sosok ayah yang mereka puja ?
    Apakah seperti desahan doa dan asa milik Cinta pada El Munawwar ?
    Atau layaknya goresan ragam bahasa bermakna satu pada rindu milik Maysarah pada Vida, Zora, Angga dan semua sekutu hatinya yang kini terpisah benua ?
    Atau rindu Tommy pada Lenny yang berindikasi ilusi ?

    Sementara aku dan rinduku
    Pada angin yang berpeluk, juga aroma tanah-tanah basah selepas hujan
    Pada semburat malu-malu langit pagi dari jendela lantai tiga
    Rinduku mungkin bukan candu, tapi aku tahu, aku terpaku sejenak, tak gerak kemana

    Dalam universalitas Rindu, dibalik kacamata yang berembun, aku menggoreskan pena....





    -10 Maret 2010 -

    1 komentar:

     

    About